Selasa, 18 Juni 2013

Sejauh Mana Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Kebudayaan di Indonesia

Di Zaman ini yang perkembangan teknologi sangat pesat, kita mudah menjumpai hal yang berhubungan dengan teknologi. Contoh dimulai dari teknologi dalam bidang kesehatan, perkebunan, barang - barang elektronik dan menjadi trend di Indonesia bahkan dunia yaitu teknologi komunikasi, dan teknologi ini dapat dimiliki oleh orang - orang dengan harga yang terjangkau. Dimana perkembangan teknologi komunikasi ini banyak memberikan hal yang positif bagi masyarakat luas,  hal yang di dapat dari perkembangan teknologi komunikasi memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dahulu orang ingin berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain harus menggunakan surat namun dengan berkembangnya teknologi kita dapat menggunakan telepon untuk saling berkomunikasi. Tidak hanya telepon saja  di zaman sekarang semakin mudahnya seseorang untuk berkomunikasi sebut saja e-mail, sms, ataupun melalui media sosial.
Tapi pesatnya perkembangan teknologi juga terdapat dampak dan pengaruh juga bagi bangsa Indonesia. Di karenakan tidak semua masyarakat Indonesia mau buka diri atau mengerti dengan teknologi di bidang komunikasi. Namun hal ini pastilah menimbulkan sisi negatif dan biasanya dampak dari teknologi komunikasi ini berdampak langsung pada generasi muda, karena generasi muda cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi zaman sekarang.
Teknologi komunikasi tentunya tidak lepas dengan namanya budaya dan sosial, dikarenakan dengan berkembangnya teknologi komunikasi mempengaruhi aspek sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat seperti dunia maya. jika seseorang sudah merasa terlalu asyik dengan teknologi seperti di dunia maya dan yang lain yang berhubungan dengan teknologi. Orang - orang akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam karena hanya berinteraksi dengan orang lain yang ada di dunia maya itu. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang memberikan pengaruh tersendiri pada budaya di Indonesia. Saat ini, ketika teknologi semakin maju, akan memunculkan masalah terhadap kebudayaan-kebudayaan daerah yang ada di bangsa ini.
Perkembangan teknologi komunikasi memiliki juga dampak negatif dari sudut pandang budaya. Dampak negatif itu sendiri adalah adanya penurunan rasa cita terhadap budaya sendiri, Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi ini apabila digunakan dengan tidak bijak akan mengakibatkan penurunan moral, karena seperti kita ketahui budaya timur sangat mengedepankan sopan santun dan tata krama, tetapi tidak seperti bangsa barat yang lebih mengutamakan kebebasan, dan juga dengan gaya berpakaian yang kebarat-baratan dan terkesan kurang sopan untuk bangsa timur. Dan juga Kebudayaan daerah akan semakin lenyap sebab masyarakatnya itu sendiri yang melupakan atau tidak mengembangkan budaya yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar